Sekarang pukul?

Selasa, 12 April 2016

Membentuk Karakter Islam Usia Dini


Model pendidikan anak usia dini memberkan kerangka tmengenai gagasan-gagasan dan praktik guru berbasis perkembangan anak-anak. Banyak model penidikan usia dini yang dapat digunakan oleh para pendidik, salah satunya model pendidikan anak usia dini High/Scope.

Makna luas dari pendidikan islam adalah tarbiyah. Tarbiyah adalah proses pembelajaran yang akan menghasilkan sebuah pembelajaran yang lebih baik. Usia dini merupakan waktu yang paling tepat untuk menentukan kesuksesan anak. Usia 0-6 tahun otak berkembang cepat 80% dan masa ini disebut juga dengan masa emas. Pada masa ini, orang tua harus pandai memanfaatkan, misalnya mengajak anak untuk belajar membaca dan menghafalkan Al-Qur’an karena daya ingat anak pada masa ini sangat kuat jadi tidak mudah lupa. Orang tua harus memberikan perhatian lebih kepada anak, jangan sampai pada masa emas ini orang tua mengabaikannya.
Cara membentuk karakter Islam anak usia dini adalah sebagai berikut :
1.      Mendidik anak untuk bersyukur
Bersyukur kepada Allah merupakan kewajiban kita sebagai hamba-Nya, hal ini juga perlu diajarkan kepada anak usia dini agar anak selalu bersyukur. Contohnya yaitu keteleladanan, misalnya sebelum berangkat kesekolah mencuim tangan kedua orang tua, mengucap salam sebelum masuk rumah, hormat kepada yang lebih tua, dan lain sebagainya. Contoh lain bersyukur atas wujud keberadaan seorang anak dalam sebuah keluarga yang saling menyayangi.
2.      Mengajarkan sholat
Sholat merupakan kewajiban setiap muslim, mengajarkan anak sholat yaitu dengan sholat berjama’ah dirumah bersama keluarga maka dengan hal tersebut anak akan terbiasa melakukannya. Walaupun anak diwajibkan sholat ketika ia berumur 7 tahun, tetapi jika anak sudah berumur 10 tahun maka orang tua harus memukulnyan dengan tujuan agar anak sadar bahwa sholat adalah sebuah kewajiban.
3.      Berakhlak baik
Seseorang dapat terlihat baik atau tidaknya dilihat dari tingkah laku atau aklaknya. Oleh karena itu orang tua harus mengajarkan akhlak yang baik kepada putra putrinya, agar ketika besar nanti anak mempunyai akhlak yang baik. Contoh akhlak baik sehari-hari yaitu saling menyayangi semua makhluk Allah, dengan hewan anak diajarkan untuk memberi makan atau membuatkannya tempat tinggal, dengan tumbuh-tumbuhan anak diajarkan untuk menanam tumbuhan, merawat dengan menyiraminya, dengan manusia anak diajarkan untuk berbuat baik kepada orang lain misalnya ketika temannya tidak membawa pulpen dipinjamkan.
4.      Mengajarkan rendah hati

Rendah hati adalah sikap merendahkan diri dihadapan Allah, orang tua harus mengajarkan anak bersifat rendah hati kepada Allah dan orang lain. Misalnya bersikap lemah lembut atau tidak kasar ketika berbicara kepada yang lebih tua an menyayangi yang lebih kecil. Tidak sombong, ketika mempunyai harta tiak sombong karena setiap yang kita punya didunia hanya titipan Allah dan sementara. (pendidikan anak usia dini,Jaipul L. Roopnaire dan James E. Johnson)
Lokasi: Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar